English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


obamabush

Voltmeter

voltmeter merupakan suatu alat ukur yang akan menunjukan beda potensial pada sustu rangkaian. Meter ini selalu dipasang pararel pada potensial yang berbeda.voltmeter elektrostatik dibuat dalam bentuk kapasitor variabel dengan sepasang pelat logam stasioner dan sepasang pelat logam ringan setimbang yang berputar pada sebuah sumbu pusat. Sebuah jarum penunjuk dipasang pada pelat yang berputar. [More]
obamabush

Osiloskop

Osiloskop digunakan untuk melihat bentuk sinyal yang sedang diamati. Dengan Osiloskop maka kita dapat mengetahui berapa frekuensi, periode dan tegangan dari sinyal. Dengan sedikit penyetelan kita juga bisa mengetahui beda fasa antara sinyal masukan dan sinyal keluaran.Osiloskop terdiri dari dua bagian utama yaitu display dan panel kontrol. [More]
obamabush

EASYPRO 80B universal programmer

EASYPRO 80B universal programmer merupakan programmer yang banyak digunakan untuk memprogram berbagai jenis IC blank yang ada. Kelebihan dari alat ini adalah mampu memprogram berbagai device seperti EPROM, EEPROM, Serial PROM, FLASH, PLD, GAL, SRAM, dan mampu sebagai tester dari IC TTL/CMOS. [More]
obamabush

FUNCTION GENERATOR

Dalam pelaksanaan praktikum, masing-masing percobaan mempunyai syarat-syarat yang harus dipenuhi agar sesuai dengan prosedur yang adalah satunya adalah sinyal masukan (input) yang harus diberikan pada rangkaian. Sinyal masukan ini dapat berbeda-beda tergantung pada percobaan yang dilakukan, [More]

Menghitung Capasitor Serial-Parallel

Menghitung Capasitor Serial-Parallel

Sebuah capasitor pada dasarnya terbuat dari dua buah lempengan logam yang saling sejajar satu sama lain dan diantara kedua logam tersebut terdapat bahan isolator yang sering disebut dielektrik. Dalam Ilmu Elektronika komponen seperti resistor capasitor dan transistor sangat penting dan sering mendominasi dalam sebuah perangkat elektronika. Disamping adalah contoh macam-macam capasitor, baik capasitor polar ataupun non polar.
 
Pada artikel sebelumnya pernah di bahas tentang cara menghitung capasitor parallel dan menghitung capasitor serial. Dalam artikel ini akan membahas tentang cara menghitung rangkaian kombinasi dari rangkaian serial dan rangkaian parallel lihat gambar di bawah :

Pada gambar disamping dapat kita lihat sebuah rangkaian capasitor kombinasi yang terdiri dari rangkaian capasitor serial dan rangkaian capasitor parallel. Untuk mencari nilai capasitansi total kita dapat menggunakan kombinasi dari persamaan capasitor serial dan persamaan capasitor parallel.

Persamaan Capasitor serial : 1/Ct = 1/C1 + 1/C2 + .........+ 1/Cn

Persamaan Capasitor parallel : Ct = C1 + C2 + .... + Cn

Dari kedua persamaan diatas kita dapat mengkombinasikanya untuk menghitung nilai capasitansi pengganti dari rangkaian capasitor serial-parallel seperti yang terlihat pada gambar. Berikut adalah kombinasi dari kedua persamaan diatas :

Diketahui :
C1 = C2 = C3 = C4 = C5 = 10P
Maka :
1/Cs = 1/C3 + 1/C4
1/Cs = 1/10 + 1/10
1/Cs = 2/10
Cs = 10/2 = 5P

Cp = C2 + Cs1
Cp = 10 + 5 = 15P

1/Ct = 1/C1 + 1/Cp + 1/C5
1/Ct = 1/10 + 1/15 + 1/10
1/Ct = 3/30 + 2/30 + 3/30
1/Ct = 8/30
Ct = 30/8 =  3.75P
Keterangan :
  • Cs = Capasitor Seri
  • Cp = Capasitor Parallel
  • Ct = Capasitor total
Setelah kita kombinasikan kedua persamaan, dapat kita temukan nilai capasitansi total dari rangkaian kombinasi capasitor serial-parallel tersebut. Besarnya nilai yang kita dapatkan dari hasil perhitungan adalah sekitar 3.75P.

Komentar :

Saat ini ada 3 Comment pada Artikel “Menghitung Capasitor Serial-Parallel”
Dhar mengatakan...
pada hari 

Mantab, tapi kalau bisa nilai C-nya jangan disamakan 10p, coba bervariasi misalkan 4,7microfarad, 6,8nanofarad, dan lain-lain jadi lebih explore belajarnya (untuk pembaca)... Sekedar masukkan, mohon sebagai bahan penyemangat.. Peace.

mas anggi mengatakan...
pada hari 

@om dhar >> sepp !! penginya seh gitu om dhar,, cuma biar lebeih mudah buat pembaca dan tentunya pembuatnya juga...hakakaka czane posting nyambi kerja... hihihih. ..

makasih om dhar !!

m_chandra mengatakan...
pada hari 

mantab. .
sampai2 saya g ngerti . .

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar pada posting ini.

tapi maaf, komentar yang bernada SARA akan saya hapus.

Terima Kasih.

1. Untuk pertanyaan seputar Elektronika silahkan klik » disini

2. Untuk Kritik dan Saran klik » disini

Selamat Datang dan Selamat Berkunjung : Nikmati Sajian Artikel-Artikel kami Tentang Perkembangan Teknologi, Ilmu Elektronika, Tutorial Pemancar, Kumpulan Tugas Akhir di bidang Teknik Elektronika dan lain sebagainya.