English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


obamabush

Voltmeter

voltmeter merupakan suatu alat ukur yang akan menunjukan beda potensial pada sustu rangkaian. Meter ini selalu dipasang pararel pada potensial yang berbeda.voltmeter elektrostatik dibuat dalam bentuk kapasitor variabel dengan sepasang pelat logam stasioner dan sepasang pelat logam ringan setimbang yang berputar pada sebuah sumbu pusat. Sebuah jarum penunjuk dipasang pada pelat yang berputar. [More]
obamabush

Osiloskop

Osiloskop digunakan untuk melihat bentuk sinyal yang sedang diamati. Dengan Osiloskop maka kita dapat mengetahui berapa frekuensi, periode dan tegangan dari sinyal. Dengan sedikit penyetelan kita juga bisa mengetahui beda fasa antara sinyal masukan dan sinyal keluaran.Osiloskop terdiri dari dua bagian utama yaitu display dan panel kontrol. [More]
obamabush

EASYPRO 80B universal programmer

EASYPRO 80B universal programmer merupakan programmer yang banyak digunakan untuk memprogram berbagai jenis IC blank yang ada. Kelebihan dari alat ini adalah mampu memprogram berbagai device seperti EPROM, EEPROM, Serial PROM, FLASH, PLD, GAL, SRAM, dan mampu sebagai tester dari IC TTL/CMOS. [More]
obamabush

FUNCTION GENERATOR

Dalam pelaksanaan praktikum, masing-masing percobaan mempunyai syarat-syarat yang harus dipenuhi agar sesuai dengan prosedur yang adalah satunya adalah sinyal masukan (input) yang harus diberikan pada rangkaian. Sinyal masukan ini dapat berbeda-beda tergantung pada percobaan yang dilakukan, [More]

GENERATOR


Generator

Generator adalah sebuah peralatan yang berfungsi untuk membangkitkan tenaga listrik. Generator merupakan perubahan dari tenaga mekanik menjadi tenaga listrik. Cara kerja generator adalah apabila rotor diputar maka lilitan kawat akan memotong gaya-gaya magnit pada kutub magnit, sehingga akan menimbulkan perbedaan tegangan . Dari sinilah kemudian timbul arus yang akan melalui kawat yang dihubungkan dengan cincin geser. Berikut adalah bagian-bagian dari generator :
  • Rotor adalah bagian yang berputar yang mempunyai bagian terdiri dari poros, inti, kumparan, cincin geser, dan sikat-sikat.
  • Stator  adalah bagian yang tak berputar (diam) yang mempunyai bagian terdiri dari rangka stator yang merupakan salah satu bagian utama dari generator yang terbuat dari besi tuang dan ini merupakan rumah dari semua bagian-bagian generator, kutub utama beserta lilitannya, kutub-kutub pembantu beserta lilitannya, bantalan-bantalan poros. 


     


    Jenis-jenis Generator :
    • Generator Arus Bolak-Balik (AC)
    Generator arus bolak-balik (AC) yaitu generator dimana tegangan yang dihasilkan (tegangan out put ) berupa tegangan bolak-balik (AC).
    • Generator Arus Searah (DC)
    Generator arus searah (DC) yaitu generator dimana tegangan yang dihasilkan (tegangan out put) berupa tegangan searah (DC), karena didalamnya terdapat sistem penyearahan yang dilakukan bisa berupa oleh komutator atau menggunakan dioda.
     Sistem pembangkit yang tedapat dalam generator AC :
    • Generator 1 fasa
    Generator 1 fasa adalah sebuah generator yang sistemnya hanya memiliki satu kumpulan kumparan. Kumparan ini dilukiskan dengan satu garis dan dalam hal ini tidak diperhatikan banyaknya lilitan. Ujung kumparan atau fasa yang satu dijelaskan dengan huruf besar X dan ujung yang satu lagi dengan huruf U.
    • Generator 3 fasa
    Generator 3 fasa adalah sebuah generator yang sistemnya memiliki tiga buah kumparan yang mana kumparan tersebut masing-masing dinamakan lilitan fasa. Jadi pada statornya ada lilitan fasa yang ke satu ujungnya diberi tanda U – X; lilitan fasa yang ke dua ujungnya diberi tanda dengan huruf V – Y dan akhirnya ujung lilitan fasa yang ke tiga diberi tanda dengan huruf W – Z.
    Lilitan stator terdiri dari beberapa kumparan, yang dipasang dalam alur-alur inti stator. Pada kumparan stator terdapat sisi kumparan yang terletak dalam alur-alur, dan kepala-kepala kumparan yang menghubungkan sisi-sisi kumparan diluar alur-alur satu sama lain. Tiap-tiap kumparan terdiri atas satu lilitan atau lebih disesuaikan menurut besar tegangan. Jumlah kawat tiap sisi kumparan sama banyaknya dengan jumlah lilitan pada tiap-tiap kumparan.


    Komentar :

    Saat ini ada 0 Comment pada Artikel “GENERATOR”

    Posting Komentar

    Silahkan anda berkomentar pada posting ini.

    tapi maaf, komentar yang bernada SARA akan saya hapus.

    Terima Kasih.

    1. Untuk pertanyaan seputar Elektronika silahkan klik » disini

    2. Untuk Kritik dan Saran klik » disini

    Selamat Datang dan Selamat Berkunjung : Nikmati Sajian Artikel-Artikel kami Tentang Perkembangan Teknologi, Ilmu Elektronika, Tutorial Pemancar, Kumpulan Tugas Akhir di bidang Teknik Elektronika dan lain sebagainya.