English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


obamabush

Voltmeter

voltmeter merupakan suatu alat ukur yang akan menunjukan beda potensial pada sustu rangkaian. Meter ini selalu dipasang pararel pada potensial yang berbeda.voltmeter elektrostatik dibuat dalam bentuk kapasitor variabel dengan sepasang pelat logam stasioner dan sepasang pelat logam ringan setimbang yang berputar pada sebuah sumbu pusat. Sebuah jarum penunjuk dipasang pada pelat yang berputar. [More]
obamabush

Osiloskop

Osiloskop digunakan untuk melihat bentuk sinyal yang sedang diamati. Dengan Osiloskop maka kita dapat mengetahui berapa frekuensi, periode dan tegangan dari sinyal. Dengan sedikit penyetelan kita juga bisa mengetahui beda fasa antara sinyal masukan dan sinyal keluaran.Osiloskop terdiri dari dua bagian utama yaitu display dan panel kontrol. [More]
obamabush

EASYPRO 80B universal programmer

EASYPRO 80B universal programmer merupakan programmer yang banyak digunakan untuk memprogram berbagai jenis IC blank yang ada. Kelebihan dari alat ini adalah mampu memprogram berbagai device seperti EPROM, EEPROM, Serial PROM, FLASH, PLD, GAL, SRAM, dan mampu sebagai tester dari IC TTL/CMOS. [More]
obamabush

FUNCTION GENERATOR

Dalam pelaksanaan praktikum, masing-masing percobaan mempunyai syarat-syarat yang harus dipenuhi agar sesuai dengan prosedur yang adalah satunya adalah sinyal masukan (input) yang harus diberikan pada rangkaian. Sinyal masukan ini dapat berbeda-beda tergantung pada percobaan yang dilakukan, [More]

DASAR TEORI PEMANCAR TELEVISI


Dasar Teori Pengukuran

Umumnya di dalam pengukuran dibutuhkan instrument sebagai suatu cara untuk menentukan suatu besaran atau variabel. Instrumen tersebut membantu peningkatan ketrampilan manusia dan dalam banyak hal memungkinkan seseorang untuk menentukan nilai dari suatu besaran yang tidak diketahui. Tanpa bantuan instrument tersebut, manusia tidak dapat menentukanya. Dengan demikian, sebutan instrumen dapat didefinisikan sebuah alat yang digunakan untuk menentukan nilai atau besaran dari suatu kuantitas atau variable. Sebuah instrument elektronik dapat berupa sebuah alat yang konstruksinya sederhana dan relative tidak rumit seperti halnya sebuah alat ukur dasar untuk arus searah. Tetapi dengan berkembangnya teknologi, tuntutan akan kebutuhan instrument yang lebih terpercaya dan lebih teliti semakin meningkat yang kemudian menghasilkan perkembangan-perkembangan baru dalam perencanaan dan pemakaian. Untuk menggunakan instrument-instrument ini secara cermat, kita perlu memahami prinsip-prinsip kerjanya dan mampu memperkirakan apakah instrument tersebut sesuai untuk pemakaian yang telah direncanakan. Dalam pengukuran, digunakan sejumlah istilah yang akan didefinisikan sebagai berikut :
  • Instrument : Sebuah alat ukur menentukan nilai suatu besaran atau kuantitas atau variable.
  • Ketelitian (Acuracy) : Harga atau nilai terdekat pembacaan suatu instrument yang mendekati harga sebenarnya dari variable yang diukur.
  • Ketepatan (Precission) : Suatu ukuran kemampuan untuk mendapatkan hasil pengukuran yang serupa. Dengan memberikan suatu harga tertentu bagi sebuah variable ketepatan merupakan suatu ukuran tingkatan yang menunjukan perbedaan hasil pengukuran pada hasil pengukuran pada pengukuran-pengukuran yang dilakukan secara berurutan.
  • Sensitifitas : Perbandingan antara sinyal keluaran dan respons instrument terhadap perubahan masukan atau variable yang diukutr.
  • Resolusi : Perubahan terkecil dalam nilai yang diukur pada instrument akan memberi respon.
  • Kesalahan : Penyimpangan variable yang diukur dari harga (nilai)sebenarnya.
Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengurangi efek kesalahan-kesalahan ini, misalnya untuk memperoleh pengukuran yang tepat, disarankan untuk melakukan beberapa kali pengamatan dan bukan hanya mengandalkan suatu pengamatan. Cara lain, disamping menggunakan instrument-instrument yang berbeda untuk pengukuran yang sama adalah menguasai teknik yang baik untuk mempertinggi ketelitian. Walaupun cara-cara ini cenderung mempertinggi ketelitian pengukuran melalui penurunan kesalahan karena lingkungan atau kesalahan acak, mereka tidak dapat dianggap sebagai kesalahan instrumental.


Komentar :

Saat ini ada 0 Comment pada Artikel “DASAR TEORI PEMANCAR TELEVISI”

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar pada posting ini.

tapi maaf, komentar yang bernada SARA akan saya hapus.

Terima Kasih.

1. Untuk pertanyaan seputar Elektronika silahkan klik » disini

2. Untuk Kritik dan Saran klik » disini

Selamat Datang dan Selamat Berkunjung : Nikmati Sajian Artikel-Artikel kami Tentang Perkembangan Teknologi, Ilmu Elektronika, Tutorial Pemancar, Kumpulan Tugas Akhir di bidang Teknik Elektronika dan lain sebagainya.